Hasil Final Copa Amerika 2016 Argentina vs Chile: Skor 0-0 (2-4)

Hasil Final Copa Amerika 2016 Argentina vs Chile: Skor 0-0 (2-4)

Sumberbola.com – Hasil Final Copa Amerika 2016 Argentina vs Chile: Skor 0-0 (2-4) – Timnas Chile akhirnya sukses meraih gelar juara Copa Amerika Centenario 2016, usai mengalahkan Argentina di laga Final yang digelar di MetLife Stadium, lewat drama adu penalti.

Dalam drama adu tendangan penalti tersebut, dua eksekutor Argentina, Lionel Messi dan Lucas Biglia gagal menjalankan tugasnya sebagai algojo. Sementara di kubu Chile hanya Arturo Vidal yang gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Begitu wasit meniup peluit tanda dimulainya laga, Argentina langsung mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Tensi tinggi pertandingan langsung diperlihatkan oleh kedua tim. Akan tetapi Argentina masih terlihat sedikit dominan di babak pertama ini.

Advertisement

Argentina mendapatkan peluang pertama di menit ke-17, kala wasit menghadiahkan Argentina sebuah freekick usai Marcelo Diaz dianggap menjatuhkan Lionel Messi di depan area penalti. Messi sendiri yang mengeksekusi free-kick tersebut, namun Claudio Bravo masih cukup cekatan untuk mengamankan sepakan yang dilepaskan Messi tersebut.

Chile nyaris benar-benar kebobolan di menit ke-21, kala Gary Medel melakukan backpass ke arah kiper namun bola justru bisa direbut Gonzalo Higuain. Higuain pun tinggal berduel satu lawan satu dengan Claudio Bravo, sialnya sepakan hanya melebar ke sisi gawang dari Chile.

Malapetaka menimpa Chile di menit ke-28 dimana mereka dipaksa bermain dengan 10 pemain dalam lapangan, usai Marcelo Diaz lagi-lagi menghentikan laju Lionel Messi dan Diaz pun menerima kartu kuning kedua dan sekaligus kartu merah. Unggul dalam jumlah pemain Argentina pun kian leluasa menggempur Chile, Angel Di Maria mencoba melakukan spekulasi dengan sebuah tendangan keras dari luar area penalti, namun sayangnya bola tepat berada dalam tangkapan Claudio Bravo.

Argentina benar-benar mendominasi jalannya laga di babak pertama ini, namun petaka menghampiri tim Tango di menit ke-43 dimana mereka juga dipaksa bermain dengan 10 pemain kala Marcos Rojo diganjar kartu merah langsung setelah melakukan sebuah tackling keras dari belakang kepada Arturo Vidal. Kedua tim pun kini sama-sama bermain dengan 10 pemain.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, tak kunjung ada gol yang tercipta dari kedua tim dan skor kacamata alias imbang 0-0 menutup paruh pertama laga antara kedua tim.

(Baca juga: Argentina Layak Menang)

Masuk di babak kedua, walau sama-sama bermain dengan 10 pemain, baik Argentina ataupun Chile tetap saja tak mau menurunkan intensitas pertandingan. Akan tetapi, Chile terlihat tampil beda di babak kedua ini, Chile terlihat mulai berani memainkan bola dan coba mengurung pertahanan Argentina.

Chile memiliki sebuah peluang untuk mencetak gol di menit ke-63, melalui situasi serangan balik cepat para pemain menyerang Chile menusuk masuk ke area penalti Argentina, akan tetapi Alexis Sanchez yang mendapatkan bola umpan dari Arturo Vidal telah terperangkap offside.

Memasuki menit ke-79, Chile lagi-lagi meraih sebuah kesempatan untuk mencetak gol. Eduardo Vargas yang merangsek masuk ke area penalti Argentina tanpa menunggu lama langsung melepaskan sebuah sepakan keras menyusur tanah ke gawang Argentina. Akan tetapi Romero dengan cekatan menepis tendangan Vargas tersebut.

Argentina sendiri juga mendapatkan sebuah peluang mencetak gol di menit ke-84, akan tetapi sepakan keras Messi hasil kerja sama dengan Aguero hanya bisa berada jauh diatas gawang Claudio Bravo.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya waktu normal, tak ada satu pun gol yang mampu diciptakan oleh kedua tim sehingga laga pun harus dilanjutkan ke babak extra time guna mencari pemenang.

(Baca juga: Sanchez dan Dua Rekannya Sabet Penghargaan di Copa America)

Di babak extra time, Chile memiliki sebuah peluang mencetak gol di menit 98 ketika Alexis Sanchez yang lolos dari perangkap offside mengirim sebuah umpan lambung yang langsung disambut dengan sebuah tandukan dari Eduardo Vargas. Akan tetapi, tandukan Vargas tersebut masih dengan mudah ditangkap oleh Romero.

Argentina juga memiliki kesempatan mencetak gol di babak extra time, bermula dari free-kick yang dilepaskan oleh Lionel Messi, Aguero kemudian menyambutnya dengan sebuag sundulan ke arah gawang Chile. Akan tetapi Claudio Bravo menunjukkan kelasnya dengan terbang untuk menepis bola hasil sundulan Aguero dengan ujung jarinya sehingga bola keluar dari lapangan. Hingga berakhirnya babak extra time paruh pertama masih belum ada gol yang tercipta.

Di paruh kedua extra time papan skor masih belum juga berubah, hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya paruh kedua extra time tetap tak ada gol yang tercipta, laga pun harus dilanjutkan ke babak adu tendangan penalti.

Di babak adu tendangan penalti, eksekutor pertama Chile, Arturo Vidal gagal melaksanakan tugasnya dengan baik usai sepakannya diblok Romero. Lionel Messi yang maju sebagai eksekutor pertama Argentina gagal menjalankan tugasnya dengan baik usai sepakannya melambung jauh dari gawang Bravo.

Hingga akhirnya eksekutor keempat Argentina, Lucas Biglia gagal menunaikan tugasnya dengan baik usai sepakannya dimentahkan oleh Claudio Bravo. Francesco Silva yang menjadi penendang penalti terakhir Chile berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik dan Chile pun akhirnya keluar sebagai juara, dan berhak atas trofi spesial Copa America edisi khusus.

Selamat untuk Chile!!!

Susunan Pemain Argentina vs Chile

Argentina: Romero, Mercado, Funes Mori, Otamendi, Rojo; Biglia, Mascherano, Banega (Lamela 111′); Di Maria (Kranevitter 57′), Higuain (Aguero 69′), Messi.

Chile: Bravo; Isla, Medel, Jara, Beausejour; Vidal, Aranguiz, Diaz; Fuenzalida (Puch 80′), Vargas (Castilla 108′), Sanchez (Silva 104′).

(Baca juga: Gagal Penalti, Lionel Messi Pensiun dari Timnas)

Tinggalkan Pesan

Masukan Komentarmu
Silahkan Masukan Namamu disini