Berita MotoGP: Rahasia di Balik Kecepatan Menikung Motor Baru Ducati

Berita MotoGP: Rahasia di Balik Kecepatan Menikung Motor Baru Ducati

Sumberbola.com – Motor baru Ducati untuk musim 2018 dikonfirmasi oleh dua pembalap utama Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso, mengalami peningkatan dalam hal kecepatan menikung. Suatu masalah tradisional yang motor Ducati alami sejak lama, namun kini masalah tersebut berhasil dipecahkan.

Peningkatan ini tak lepas dari peran kepala teknis Ducati, Gigi Dall’Igna. Pria kelahiran Italia itu, sukses meningkatkan kecepatan menikung Ducati dengan mengadopsi teknologi dari balap Formula 1.

Dilansir dari Speedweek, Sabtu (10/2), kemampuan menikung motor Ducati tak lepas dari komponen baru yang bernama ‘transduser tekanan’. Komponen ini diposisikan di belakang fairing, tepat di depan garpu depan motor bagian atas. Komponen ini berfungsi mengubah tekanan menjadi sinyal listrik analog, yang kemudian memberikan data untuk keluaran roda depan.

Advertisement

Baca Juga:

Komponen ini pertama kali digunakan dalam tes musim dingin di Sepang pada akhir Januari lalu untuk mengukur kekuatan output motor. Seperti dijelaskan oleh Speedweek, kinerja komponen ini berdasarkan tekanan yang datang padanya.

Transduser tekanan ini tidak memiliki kelebihan, tapi memungkinkan pencarian yang ditargetkan untuk menghasilkan downforce yang memberikan pembacaan objektif.

Sekali lagi Ducati terbukti berada di garis depan dalam hal pengembangan aerodinamika dan sepertinya mereka ingin menggunakan keunggulan ini untuk memberi umpan ekstra agar bisa mencapai Kejuaraan Dunia dengan membuat motor Ducati Desmosedici GP18 lebih nyaman saat menikung.
.

Tinggalkan Pesan

Masukan Komentarmu
Silahkan Masukan Namamu disini