Berita MotoGP: Peraturan Fairing MotoGP Akan Lebih Diperketat

Berita MotoGP: Peraturan Fairing MotoGP Akan Lebih Diperketat

Sumberbola.com – Fairing aerodinamis baru Yamaha yang digunakan selama tes di sirkuit Sepang, memicu banyak kontroversi. Banyak yang menilai jika fairing baru Yamaha melanggar peraturan yang ada, dan tim Iwata tersebut harus segera merevisi desain fairingnya.

Secara kasat mata, fairing baru Yamaha tak menabrak aturan yang ada, namun beberapa teknisi MotoGP menilai jika fairing baru Yamaha terlalu besar dan tidak homogen. Melihat polemik ini, direktur teknis Ducati, Dany Aldridge berniat untuk lebih mempertajam dan memperjelas peraturan desain fairing yang boleh digunakan atau tidak boleh digunakan, pada kejuaraan MotoGP musim 2019 mendatang.

Fairing adalah bagian yang sangat penting dari motor, penting untuk memahami di mana batasnya dan apa yang diperbolehkan,” kata Aldrige kepada MotoGP.com, Selasa (6/2).

Advertisement

Baca Juga:

“Bagi kami, poin utamanya adalah keselamatan pengemudi dan pada saat bersamaan, kami harus mengizinkan produsen berkembang, dan saya pikir ini adalah topik yang bagus untuk semua orang di kejuaraan,” ujarnya.

Karena keselamatan adalah prioritas utama Dorna, maka yang jadi fokus perhatian untuk desain fairing nantinya adalah sudut dan tepinya yang agak tajam keluar.

“Panelnya bisa sampai 600 mm lebarnya. Tapi mereka tidak boleh berbentuk sayap. Masalah ini saat ini sedang mengalami perdebatan sengit,” tambah Aldrige.

“Kami ingin mengatur ukuran maksimal, lebar maksimum dan tinggi dan seterusnya. Untuk tahun 2019 kami telah mengusulkan beberapa peraturan baru. Nantinya akan ada pembatasan yang jauh lebih kuat,” terangnya.

Tinggalkan Pesan

Masukan Komentarmu
Silahkan Masukan Namamu disini